SELAMAT DATANG DI BLOG ORSPEX (organisasi Pemuda Kampek)SEKERTARIAT jl sN KALIJAGA GANG 08 KAMPEK WILALUNG GAJAH DEMAK 085740513763 ojo lali mampir zo....moco moco sedelok

Sabtu, 12 Februari 2011

APA YANG DIDAPAT DARI "BARZANJI" DAN MENGAPA BANYAK YANG MENENTANGNYA MENGATAKAN BID'AH?

barzanji adalah tradisi masyarakat jawa dalam pengaplikasian bershalawat yang dikemas secara unik dan biasanya dilaksanakan pada bulan maulid atau setiap malam jumat dihari biasa.
banyak yang mengatakan ritual ini dianggap bid'ah , mereka yang mengatakan bid'ah adalah orang yang berpendapat bershalawat yang baik tidak diritualkan seperti apa yang ada dalam barzanji alias baca sholawat biasa.
namun yang menari dari itu semua adalah ritual barzanji dirasakan berbeda dan sangat dapa dinikmati lantunan serta isinya sehingga dapat memunculkan rasa cinta yang mendalam terhadap sosok nabi muhammad SAW, seperti apa yang dituturkan oleh para santri di musholla nahdlotul muta'alimin dan musholla nurul ula, yang mengatakan bahwa dalam setip ungkapan solawat yang dikumandangkan mereka merasakan kesejukan pertemuan dengan nabi dan kegembiraan bersamanya, mereka melakukan hal tersebut dengan motivasi semangat mendapatkan syafaat dari nabi muhammad, mereka gembira karena sang nabi telah menjadi alur keberpikiran meraka dalam kehidupan .

dalam barzanji ketenangan juga dirasa setelah melakukannya tapi itu hanya dapat dirasakan jika rasa cinta ingin bertemu nabi yang menggebu, bila tidak ada semangat dan cinta seakan barzanji sebagai suatu ritual ibdaha yang menjenuhkan.

unsur unsur barzanji :
1. bacaan sholawat
2. bacaan sejarah nabi
3. pujian kepada Gusti allah dan nabi muhammad serta sahabatnya
4. nilai kerukunan dan kebersamaan
5. keikhlasan (nilai sedekah yang terkandung didalamnya)

apakah keliima aspek ini telah kamu lakukan jika melaksanakan barzanji? jika telah lengkap dilakukan apa yang kamu rsakan? ceritakanlah ..... untuk yang menganggap bid'ah jawablah pertanyaan ini
1. apakah unsur unsur dalam barzanji ada yang bertentangan dengan ajaran syariat maupun hakikat islam?
2. apakah menciptakan sunnah (kebiasaan) baik dan baru menjadi sebuah kesalahan?
3. apakah ada madhorot yang nyata bagi yang melaksanaan maulidan barzanji? jwablah dan terimakasih.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar